Thursday, October 27, 2011

Info: 7 Manfaat Game Untuk Kesehatan


Game identik dengan sesuatu yang buruk. Namun,hal ini ditentang oleh dr. Irzan Nurman yang mengatakan bahwa ngegame itu menyehatkan, bahkan tak jarang game dipakai untuk terapi pasien.

Dalam sesi talk show, dr. Irzan Nurman mengatakan bahwa jika kita bermain game 5 kali seminggu,asalkan tidak berlebihan,maka aktivitas itu akan membuat kita lebih sehat.

“Bila kita terpatok pada statement ‘Game itu Negatif’, maka kita tidak akan maju-maju,” ujar Irzan. Dikatakan lebih lanjut oleh beliau bahwa sekolah-sekolah dasar di luar negeri sudah banyak yang memasukkan permainan dalam kurikulumnya karena memang game itu membawa banyak manfaat.

Berikut lebih lanjut 7 manfaat ngegame yang disampaikan oleh dr Irzan Nurmana dalam acara Indonesia Bermain:

1. Empati
Game bisa mengembangkan empati pada diri seseorang karena saat ngegaMe ia biasanya involve dengan karakter-karakter yang ada dalam game tersebut.

2.Post-traumatic
Game bisa mengubah mood seseorang dan bisa membantu melupakan traumatik pada pasien meskipun hal ini tidak permanen.

3. Cara belajar baru
Belajar tidak harus serius, dengan gamepun seseorang bisa mempelajari banyak hal. Ini pun didukung dengan banyaknya game yang melatih otak.

4.Manajemen penglihatan
Gamer dilaporkan tidak akan mengalami masalah penglihatan meski ia doyan nge-game, justru manajemen penglihatan mereka lebih bagus.

5. Resep untuk nyeri
Game bisa membantu seseorang yang sedang menderita nyeri karena saat ngegame fokus seseorang teralihkan di permainan yang sedang ia lakukan.

6. Berimajinasi lebih baik
Dikatakan oleh dr. Irzan, imajinasi seseorang akan lebih baik bila ia sering ngegame.

7. Koordinasi tangan dan mata
Gamer memiliki koordinasi tangan dan mata yang lebih baik karena ia sudah terlatih saat melakukan permainan.


No comments:

Post a Comment