Thursday, October 6, 2011

Info: Tips Alami Tambah Tinggi Badan Meski Usia Lebih Dari 21 Tahun


Banyakreferensi mengatakan bahwa pertumbuhan badan terhenti pada usia 20-21 tahun.Tapi tenang, Anda masih memiliki kesempatan menambah tinggi badan anda diatasusia itu.

Seorang gadis berusia 19tahun mengeluhkan tinggi badannya yang "cuma" 150 cm. Dirinya inginlebih tinggi lagi, setidaknya 160 cm, karena dia ingin bekerja di sebuahinstansi yang menuntut tinggi badan tertentu sebagai syarat untuk memasukinya.

Tinggi badan 150 cm untukusia 19 tahun memang agak kurang, tapi cukup banyak juga wanita Indonesiadengan tinggi sekian. Tinggi ini masih dapat diharapkan untuk bertambah,apalagi pada usia tersebut.


Genetik
Satu hal yang perludipahami terlebih dahulu bahwa tinggi badan sangat ditentukan oleh gen. Hasilpenelitian terkini (seperti dilansir AFP) menyebutkan bahwa terdapat gen yangmenentukan tinggi-pendeknya seseorang.

Gen itu dinamakan HMGA2.Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkatdengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanyamendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengahsentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula,bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satusentimeter dari yang memiliki T ganda. Masih ada lagi gen-gen yang berkaitandengan tinggi badan. HMGA2 hanya menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggimanusia.

Untuk itulah sayasebelumnya berpesan, syukurilah apa yang Tuhan berikan, karena itu lebih baikdaripada Anda menyesalinya. Masih banyak potensi lain yang ada pada diri Andayang bisa Anda kembangkan sehingga menjadikan Anda sebagai manusia yang unggul.

Gaya hidup sehat hinggaselepas masa remaja, masih memungkinkan seseorang tumbuh paling sedikit 2-4inci atau 5-10 sentimeter secara alami. Ada beberapa latihan yang bisadilakukan untuk memaksimalkan tinggi badan. Lakukan latihan berikut untukmendorong pertumbuhan, memperpanjang tulang belakang, meningkatkanfleksibilitas dan memperkuat otot-otot perut:

Laricepat jarak pendek (sprint)
Latihan ini bermanfaatmeningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan. Penekanan pada otot kaki selamalatihan berdampak pada pemanjangan tulang dan otot. Tetapi jangan terlalusering melakukannya karena dapat menyebabkan pembengkakan pada otot dan tendon.Sprint dianjurkan pada permukaan alami seperti lantai atau rumput, bukan beton.

Menendang
Berdiri dengan kaki lebardan angkat satu kaki kemudian lakukan tendangan. Ulangi minimal 20 tendanganpada satu kaki dan kemudian beralih ke kaki yang lain. Lakukan latihan iniselama 20 kali, karena dapat memperpanjang tulang kering dan paha.

Lompat
Berdirilah di depanbangku atau tangga setinggi kaki. Untuk memulai, lompat dengan satu kaki dalamsepuluh hitungan. Lalu, ulangi dengan kaki lain. Lakukan gerakan melompathingga tiga kali. Anda bisa beristirahat di sela latihan.

Bersepeda
Gerakan mengayuh sepedamembuat jari kaki terus mencapai pedal. Ini merupakan peregangan yang bisamembuat kaki lebih panjang. Lakukanlah selama sekitar 10-15 menit. Anda jugadapat menggunakan sepeda statis atau stationary cycle.

Berenang
Olahraga satu ini memangsangat efektif untuk membuat tubuh fit dan lebih fleksibel. Lakukan renang gayadada dan lakukan minimal 20 menit.

Lompattali
Latihan ini sangatmenyenangkan, apalagi jika Anda sambil mendengarkan musik menghentak. Lakukansebanyak 300 kali setiap hari.

Berayun
Gunakan penahan atauambang pintu yang tinggi. Anda dapat membelinya di toko peralatan olahraga.Awali posisi dengan berdiri lalu biarkan tubuh berayun. Posisi kaki bisa lurusatau ditekuk, buatlah tubuh senyaman mungkin. Lakukan gerakan ini setidaknya 10kali dalam sehari.

FreeHand
Berdirilah tegak dalamruangan yang luas dan tarik napas dalam-dalam. Angkat tangan letakan di tingkatbahu, lalu dorong tangan sejauh mungkin dan lepaskan napas. Ulangi 8 -10 kali.Tarik napas dan kembali memosisikan tangan. Lalu, angkat tumit sambil berdirijinjit, hembuskan napas, ulangi 80-10 kali. Tarik napas dan angkat lenganterentang di atas kepala. Lalu ayunkan ke dalam dengan arah melingkar dan buangnapas. Ulangi 80-10 kali.
Pilih latihan yang palingcocok untuk Anda. Tapi harus dilakukan ecara teratur dan konsisten. Cobalahuntuk memiliki waktu teratur untuk latihan Anda sehingga Anda dapat merasakanefeknya.
Tak hanya kiat-kiat diatas, tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips di bawah ini.

Nutrisi
Ibarat membangun sebuahrumah, Anda tentu membutuhkan bahan bangunan. Begitu juga dengan tubuh,membutuhkan nutrisi yang cukup supaya dapat tumbuh dengan optimal.
Tinggi badan menunjukkankualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas giziorang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendekpada masa dewasanya, dan sebaliknya. Bukan bermaksud sombong, saat kanak-kanakhingga umur 5 tahun saya rutin mengkonsumsi susu dan tinggi badan saya sekarang187 cm!
Sangat dianjurkan untukmengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantupertumbuhan tulang.

AlternatifLain
Ada juga suplemen maupunproduk lain di pasaran yang menjanjikan penambahan tinggi badan secara instan(misalnya dengan meluruskan tulang belakang), tapi saya tidak menganjurkan haltersebut karena saya memang belum memiliki data ilmiah mengenai produktersebut, terutama mengenai tingkat keberhasilan dan keamanannya.

No comments:

Post a Comment